EAS PBO - Game Mine Field

Nama : Kadek Fajar Pramartha Yasodana
NRP : 5025231185
Kelas : PBO A

EAS PBO

1. Apa yang dimaksud dengan Package Library dalam Java. Jelaskan kegunaan dan contoh penggunaannya dalam pemrograman.
-Package library dalam java adalah suatu package manager yang mengatur seluruh dependencies package pada project kita. Kegunaan dari package manager ini adalah agar kita tidak perlu manual dalam mendownload packagenya, biasanya package manager menyediakan interface untuk install package melalui GUI atau terminal. Dalam hal project kami, saya menggunakan package manager Gradle dibantu dengan GDX Liftoff, dan IntelIJ untuk mendownload dependencies yang digunakan untuk membuat project saya yaitu berupa game bernama MineField.

2. Buatlah Rancangan Aplikasi yang diambil dalam Final Project
Berikut adalah class diagram dari aplikasi kami.

3. Deskripsikan kegunaan dan ruang lingkup aplikasi
-Kegunaan dari aplikasi kami adalah untuk melatih skill problem solving dari pemain, karena game yang kami buat juga cukup sulit dan membutuhkan fokus. Hal ini diperkuat dengan deskripsi ruang lingkup dari aplikasi kami.

Ruang Lingkup:
-Deskripsi : Aplikasi kami adalah sebuah game bernama MineField yang dibuat dalam bahasa pemrograman Java dibantu framework LibGDX. MineField merupakan game dimana kita harus memilih semua cell sedemikian hingga agar cell yang kita pilih tidak memiliki mine (bomb). Jika cell yang kita pilih memiliki mine, maka state game akan otomatis menjadi LOSE. Jika semua cell sudah terpilih selain mine, maka state game menjadi WIN. Cell juga akan menunjukkan jumlah mine yang ada di sekitar mereka dengan menunjukkan angka 1-8. Selain itu cell juga bisa memiliki defuser, yang akan mematikan mine disekitarnya. Berikut adalah penjelasan yang lebih terperinci

1. Fungsi Utama Permainan : Pemain dapat memainkan MineField dengan tujuan utama adalah untuk memilih semua Cell yang bukan Mine. Jika pemain memilih mine, maka game akan kalah, dan jika semua cell sudah terpilih maka game akan menang. Selain itu pemain dapat menandai cell yang mereka curigai dengan flag. Terdapat object bernama Defuser pada cell, dan jika cell tersebut terpilih maka otomatis akan mematikan mine yang berada di sekitarnya.

2. Komponen Aplikasi :
-Logika Permainan : Logika inti permainan seperti mengatur tata letak ranjau, memilih sel, menjinakkan ranjau, menghitung waktu, dan menentukan status menang atau kalah.
-Antarmuka Pemain (UI) : Sistem tampilan berbasis grafis yang mendukung interaksi pemain, termasuk tampilan sel, tombol retry, dan indikasi status permainan (menang/kalah).
-Sistem Kamera dan Tampilan : Menggunakan kamera ortografik dan viewport yang menyesuaikan dengan resolusi perangkat untuk pengalaman bermain optimal.

3. Teknologi Yang Digunakan :
-Game Engine: Menggunakan LibGDX sebagai kerangka kerja utama.
-Render Grafis: SpriteBatch untuk merender elemen visual, dan manajemen tekstur melalui kelas Assets.
-Input Pemain: Mendukung input dari perangkat sentuh (misalnya, klik kanan/kiri) atau tombol keyboard.
-Siste OOP: Struktur kode berbasis objek yang memungkinkan komponen permainan mudah dikembangkan atau dimodifikasi.

4. Implementasi Aplikasi yang telah didesain dengan menggunakan Pemrograman Berbasis Obyek Java
-Aplikasi yang kami buat menggunakan framework game LibGDX. Berikut adalah aplikasi dan source code yang telah kami buat:
Source Code Root Project: GitHub 
Source Code Logic Game: GitHub
Foto Game:



5. Buat PPT presentasi yang menunjang Demo Aplikasi
Link Google Slides : Google Slide

6. Demokan aplikasi dengan membuat video dan diupload di Youtube.
Link Youtube Channel : Youtube


Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 13 OOP - Abstraksi & Simulasi Fox & Rabit

Pertemuan 6 KPPL - Implementasi Web ChatBot Tech Support System, Web & Prototipe & Metodologi

Pertemuan 11 PWEB - Membuat Website CRUD PHP MySQL