Pertemuan 4 KPPL - Membuat Resume dari Sebuah Paper
Nama : Kadek Fajar Pramartha Yasodana
NRP : 5025231185
Kelas : KPPL (E)Nama Kelompok :
- I Gusti Ngurah Arya Sudewa (5025231030)
- Randi Palguna Artayasa (5025231020)
- Kadek Fajar Pramartha Yasodana (5025231185)
Membuat Resume dari Sebuah Paper
- Judul paper:
"Monitoring Application Complaints of Internet Service Provider Interference Using Waterfall Method oleh I Made Willy Prasetya H., Nurullah Husufa" - Sumber paper:
https://journal-isi.org/index.php/isi/article/view/426/205 - Pendahuluan:
Dibuatkannya Web-Based Monitoring Application Complaints of Internet Service Provider Interference bertujuan untuk mengefisienkan jalannya komplain dari user kepada staf dalam hal distribusi trouble tickets melalui Telegram. Hal ini dilakukan dengan cara mengintegrasikan manual data management system terhadap Telegram secara baik dan efisien.
Tools dan sistem yang digunakan untuk membuat aplikasi adalah CodeIgniter, PHP framework, HTML, JavaScript, MySQL database, dan Telegram Bot. - Metode:
Aplikasi ini dirancang menggunakan model Waterfal untuk mengontrol proses pengembangan yang berakhir mengurangkan adanya error yang timbul. Berikut tahapan waterfall:
Analysis:
Menganalisis keperluan sistem dimulai dari kebutuhan fungsional dan non-fungsional.
Design:
Mendesain interface aplikasi dan rancangan database.
System Development:
Tahapan pengembangan aplikasi memakai pemrograman PHP dengan Codeigniter sebagai display basenya. Bootstrap membantu pembuatan interface yang optimal sedangkan MySQL sebagai database untuk menyimpan data yang banyak. Selain itu Telegram bot digunakan untuk melakukan distribusi ticket trouble.
Testing:
Melakukan testing untuk mengobservasi dari hasil fungsionalitas aplikasi.
Implementasi:
Tahapan dimana sistem dibuat, diuji, dan telah dikonformasi untuk berfungsi dengan benar. Aplikasi siap untuk diluncurkan dan digunakan. - Hasil:
Case Diagram aplikasi monitoring komplain:
Aplikasi interface: - Konklusi:
Metode waterfall digunakan untuk mengembangkan aplikasi komplain ini. Sistem yang dibuat telah meningkatkan efektivitas dalam mendistribusikan trouble ticket yang berbeda dengan sistem yang sebelumnya yang dikerjakan secara manual dan kurang efisien.
Comments
Post a Comment