Pertemuan 2 KPPL - Konsep Pada Software Engineering

 Nama : Kadek Fajar Pramartha Yasodana

NRP : 5025231185

Kelas : KPPL E


Apa itu Software Engineering dan Beberapa Konsep Konsepnya

1. Software Engineering adalah sebuah konsep dimana kita menggabungkan kedua konsep perangkat lunak dan engineering yang menyebabkan kita berfokus pada perancangan, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak menggunakan prinsip rekayasa. Software engineering layaknya seorang engineer, bertujuan untuk menciptakan perangkat lunak yang berkualitas, efisien, dan dapat diandalkan.

2. Konsep-Konsep berlapis pada Software Engineering

  • Quality : mengacu pada sejauh mana perangkat lunak memenuhi kebutuhan pengguna, spesifikasi, serta standar yang ditetapkan. Kualitas perangkat lunak bukan hanya tentang ketidakhadiran bug, tetapi juga mencakup aspek-aspek yang lebih luas untuk memastikan perangkat lunak tersebut dapat diandalkan, mudah dipelihara, dan efisien.
  • Process : merupakan process dari perancangan dan pembuatan software itu sendiri. Terbagi menjadi pertama Specification, Development, Validation, Evolution
  • Tools : adalah perangkat atau aplikasi yang digunakan oleh insinyur perangkat lunak untuk mendukung berbagai aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak. Alat ini membantu mempercepat proses, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan efisiensi. Contoh : IDE, Version Controll System, Build Automation Tools, and others.
  • Method : adalah pendekatan sistematis yang digunakan untuk menjalankan aktivitas pengembangan perangkat lunak.
    1. Waterfall : Metode tradisional yang mengikuti urutan linear dari tahap perencanaan hingga deployment, di mana setiap tahap harus diselesaikan sebelum tahap berikutnya dimulai.
    2. Agile : Pendekatan iteratif dan inkremental yang berfokus pada kolaborasi, fleksibilitas, dan delivery cepat melalui siklus pengembangan yang pendek (sprint).
    3. Scrum : Framework di bawah metodologi Agile yang mengorganisir pekerjaan dalam iterasi yang terstruktur, dengan peran seperti Scrum Master dan Product Owner untuk memandu proses.
    4. DevOps : Integrasi antara pengembangan dan operasi untuk mempercepat pengiriman perangkat lunak melalui otomatisasi dan kolaborasi yang lebih baik.
    5. Test-Driven-Development (TDD) : Metode pengembangan di mana tes ditulis sebelum kode aktual dikembangkan, memastikan bahwa setiap fitur memiliki pengujian otomatis.
3. Umbrella Activites

Umbrella Activities dalam rekayasa perangkat lunak adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sepanjang siklus hidup pengembangan perangkat lunak. Kegiatan ini mendukung dan melengkapi proses utama (seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi) dan berperan penting dalam memastikan kualitas, manajemen, dan kelancaran proyek perangkat lunak. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing Umbrella Activities:
  • Risk Management
  • Measurement & Metrics
  • Re-Usability Management
  • Document Preparation & Production
  • Software Configutation Management
  • Software Quality Assurance
  • Formal Technical Reviews
  • Software Project Tracking & Control

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 6 KPPL - Implementasi Web ChatBot Tech Support System, Web & Prototipe & Metodologi

Pertemuan 13 OOP - Abstraksi & Simulasi Fox & Rabit

Pertemuan 7 KPPL - Studi Kasus Pembuatan Aplikasi dengan Agile